PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka

PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka - Hallo sahabat Otomotif Langka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Advertorial, Artikel Asuransi, Artikel Bentley, Artikel GIIAS, Artikel Honda, Artikel Honda R2, Artikel INSIGHT, Artikel Jaguar, Artikel JATIM, Artikel Kawasaki, Artikel Komunitas, Artikel Lamborghini, Artikel Mobil123, Artikel MotoGP, Artikel Niaga, Artikel Pertamina, Artikel Review, Artikel Rio Haryanto, Artikel Safety Driving, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka
link : PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka

Baca juga


PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka

Ada starleter yang bertanya di whatsapp saya, om starno starlet itu enak yang turbo atau yang bukan turbo ? saya jawab aja dua-duanya enak, dan dua-duanya tidak enak....hahaha....loh kok om jawabnya gitu?

Mari saya jelaskan satu persatu :

Mesin turbo sebetulnya dibagi jadi dua jenis, supercharger dan turbocharger. cara kerja kedua jenis turbo ini hampir sama yaitu memberikan tekanan/boost ke -ruang bakar sesuai kebutuhan. Bedanya adalah supercharger digerakan oleh poros mesin sedangkan turbocharger digerakan oleh exhaust gas, alias gas buang mesin. Disini saya tidak akan membahas supercharger, karena supercharger jarang sekali digunakan untuk mesin-mesin kecil, dan sebaliknya kebanyakan mesin kapasitas kecil yang pakai turbocharger termasuk toyota starlet. Konsep dasar mesin turbocharger adalah memberikan tambahan tenaga tanpa memperbesar kapasitas mesin sendiri, dengan demikian mesin dengan turbocharger diharapkan dapat lebih irit dan lebih bertenaga, itu teori dasarnya, telen aja dulu yo mas broh....

Toyota Starlet memiliki mesin versi turbo sejak dibuat mesin 2E, dengan ditambahi embel-embel "T" menandakan itu adalah mesin turbo. Mesin Starlet yang menggunakan mesin turbo punya kode 2E-TE dan 4E-FTE, kenapa kok yang tipe 2E-TE nya gak ada huruf "F" ? dikarenakan mesin 2E-TE hanyalah pengembangan dari mesin 2E biasa yang ditambahi turbo injeksi. Dan ke istimewa an dari kedua jenis mesin ini sudah dilengkapi dengan 2 MODE TURBO, yang masing-masing memberikan tekanan boost yang berbeda, mode low 0.4 bar dan mode full sebesar 0.6 bar. Aneh ya kenapa sih kok dibuat 2 MODE ? jawabannya adalah biar gak boros bensin bosss......hehehe. kalo cuma buat harian pakai low boost aja.



Dengan penambahan turbo pada mesin starlet berkapasitas 1.300cc diharapkan mampu memberikan tenaga setara dengan mesin non turbo sekelas 1.800 - 2.000cc. keren kan......eittssss..... jangan seneng dulu, karena walaupun mesin turbo menawarkan tenaga mesin dan akselerasi jauh lebih bagus, dia juga punya kelemahan loh..... nah loh apa tuh kelemahannya?

Semua mesin turbocharge memiliki gejala Turbo Lag, apalagi itu turbolag? turbolag adalah gejala hilangnya tenaga mesin saat turbocharger belum berfungsi secara maksimal. Semakin besar ukuran turbocharger, semakin besar juga gejala turbolag yang akan terjadi. Untuk toyota starlet, turbocharger baru mulai akan bisa bekerja saat jarum rpm menyentuh angka 4.000 RPM. artinya apa? mesin turbo adalah mesin yang kurang bertenaga pada rpm menengah kebawah, beda dengan mesin non turbo, tenaga mesin akan bertambah secara linier dengan putaran mesin.

Kesimpulan yang didapatkan adalah, mesin turbo cocok buat lintasan yang sangat panjang, misalnya jalan tol, kurang cocok buat lintasan yang sering macet dan pendek-pendek kayak jalanan kota jakarta yang sumpek ini.


Satu hal lagi, dikarenakan mesin turbo mendapatkan tenaganya pada rpm yang lebih tinggi, otomatis bahan bakar yang disalurkan keruang bakar juga lebih banyak, itulah sebabnya mesin starlet turbo jika dibawa macet-macetan cenderung lebih boros, karena terlalu sering menekan gas agak dalam untuk mencapai tenaga bagus. Jadi gimana ? kalau anda doyan kebut-kebutan di jalanan jelas mesin turbo adalah pilihan. Tapi kalo anda orangnya suka bawa mobil santai dan sering lintasi jalan macet, buat apa mesin turbo? masa mesin udah turbo bawa nya kecepatan maksimal cuma 60km/h malu dong sama turbo nya.... hahahaha...

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Starleter
HMS-Motorsports
Powered by Starno72
Sumber : https://ift.tt/2I8wAdp


Demikianlah Artikel PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka

Sekianlah artikel PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PILIH STARLET TURBO ATAU NON TURBO | Otomotif Langka dengan alamat link https://otomotiflangka.blogspot.com/2018/08/pilih-starlet-turbo-atau-non-turbo.html

Subscribe to receive free email updates: