HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka

HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka - Hallo sahabat Otomotif Langka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Advertorial, Artikel Asuransi, Artikel Bentley, Artikel GIIAS, Artikel Honda, Artikel Honda R2, Artikel INSIGHT, Artikel Jaguar, Artikel JATIM, Artikel Kawasaki, Artikel Komunitas, Artikel Lamborghini, Artikel Mobil123, Artikel MotoGP, Artikel Niaga, Artikel Pertamina, Artikel Review, Artikel Rio Haryanto, Artikel Safety Driving, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka
link : HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka

Baca juga


HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka

Hal yang sangat menakutkan bagi pemilik mobil salah satunya adalah TURUN MESIN. karena terbayang juga kan biayanya pasti besar. Tetapi sejujurnya saya katakan biaya turun mesin itu masih lebih murah dibanding harus ganti mesin. Dengan turun mesin, nomer mesin asli tidak akan berubah masih sesuai dengan surat kepemilikan kendaraan, ini adalah hal yang sangat penting.

Apakah turun mesin itu ?
Turun mesin adalah pekerjaan menurunkan mesin mobil dari kabin mesin, untuk dilakukan penggantian parts metal yang aus. Posisi metal yang aus ini biasanya ada didalam as utama mesin, sehingga perlu dilakukan penurunan mesin total untuk semua dibongkar dan diperiksa komponen apa saja yang mengalami keausan, kemudian mengganti komponen aus itu dengan yang baru, sehingga mesin kembali sehat, juga kemungkinan seher dan liner blok mesin harus oversize di tukang bubut juga adalah salah satu ritual wajib turun mesin.


Apasih penyebabnya ?
Ada beberapa hal yang kita bagi dalam tiga kelompok penyebab turun mesin, seperti sebagai berikut :




1. MASALAH OLI
Kebanyakan kasus turun mesin biasanya adalah masalah oli mesin, bisa karena oli mesin kondisinya kering, karena ada kebocoran oli mesin dan juga bisa karena penggantian oli yang tidak teratur, Oli palsu juga menempati urutan ketiga bikin mesin rusak, jadi selalu beli oli yang terjamin dan selalu cek kebocoran mesin, dengan cara cek garasi rumah ada oli menetes tidak.

2. MASALAH PANAS MESIN
Walau tidak secara langsung panas mesin bikin rontok, akan tetapi panas mobil yang selalu diatas normal akan bikin mesin menjadi lebih cepat aus, pemuaian metal mesin saat mesin terlalu panas menjadi hal yang sangat rawan bagi kelangsungan hidup piston, ring piston dan setang piston. Bagian inilah yang mengalami pemuaian sangat tinggi saat mesin panas, gejalanya adalah dinding slinder atau liner akan baret, akibat pemuaian piston dan ring piston diambang batas.

3. CARA MEMPERLAKUKAN MESIN KENDARAAN
Loh kok bisa? jawabnya BISA!! Pernahkan ada melihat montir menggeber-geber mesin hingga RPM mobil sampai garis merah saat mobil sedang diam? kita yang dengarnya aja udah ngilu apalagi mesinnya, kayak apa itu didalamnya, beban mesin saat ada beban dan tidak ada beban itu berbeda kondisinya. bila terlalu sering menggeber mesin tanpa beban ( mobil diam tidak jalan ) piston dan setang piston menerima gesekan dan getaran yang lebih besar dibanding mesin dengan beban ( mobil jalan ) alhasil terlalu sering menggeber mesin saat mobil lagi posisi diam tanpa beban dapat merusak piston dan metal set, malah yang lebih parah piston "nyekek" ( pinjam bahasa montir ) artinya macet di liner, sehingga setang piston patah, berantakan. dan ini juga bisa dampak ke blok slinder bila terkena lemparan setang piston yang patah blok mesin akan bolong.
Kesimpulannya, Jangan pernah menahan pedal gas di RPM yang sangat tinggi atau di REDLINE AREA.

Nah kira-kira seperti itulah, penyebab mesi rusak. semoga ini dapat menjadi manfaat bagi pemlik mobil starlet.

Salam Starleters
HMS-Motorsports Powered by Starno72
Sumber : https://ift.tt/2I8wAdp


Demikianlah Artikel HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka

Sekianlah artikel HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel HAL-HAL YANG MENYEBABKAN STARLET HARUS TURUN MESIN | Otomotif Langka dengan alamat link https://otomotiflangka.blogspot.com/2018/08/hal-hal-yang-menyebabkan-starlet-harus.html

Subscribe to receive free email updates: