MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka

MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka - Hallo sahabat Otomotif Langka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Advertorial, Artikel Asuransi, Artikel Bentley, Artikel GIIAS, Artikel Honda, Artikel Honda R2, Artikel INSIGHT, Artikel Jaguar, Artikel JATIM, Artikel Kawasaki, Artikel Komunitas, Artikel Lamborghini, Artikel Mobil123, Artikel MotoGP, Artikel Niaga, Artikel Pertamina, Artikel Review, Artikel Rio Haryanto, Artikel Safety Driving, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka
link : MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka

Baca juga


MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka

Oli adalah salah satu zat cair yang sangat dibutuhkan untuk sebuah mesin, oli bisa di ibaratkan darah dalam tubuh manusia, dia bersirkulasi keseluruh bagian-bagian vital sama halnya dengan mesin. Oli mesin bertugas melumasi bagian-bagian komponen yang saling bergesekan agar tidak terjadi keausan metal mesin. Dan ternyata oli tidak hanya melumasi bagian komponen dalam mesin loh.... ternyata dia juga bertugas membersihkan sisa-sisa karbon bakar yang terjadi pada dinding slinder dan leher piston, agar kinerja mesin tetap selalu terjaga. Oli yang baik tentu saja oli yang cocok untuk mobil yang bersangkutan, ada berbagai tipe oli dipasaran dan banyak pilihan yang bisa digunakan. Mulai dari SAE 20w hingga SAE 5w, kesemuanya harus disesuaikan untuk kebutuhan mesin.

OLI MESIN STARLET
Dalam buku panduan servis mesin starlet hanya disebutkan bahwa oli yang cocok untuk toyota starlet adalah klasifikasi API dengan tingkatan SF atau SG atau yang lebih baik. Untuk tingkat viskositasnya bisa disesuaikan dengan iklim masing-masing. Semakin dingin iklimnya maka diperlukan viskositas oli yang semakin rendah, sebaliknya semakin panas iklimnya maka diperlukan viskositas oli yang semakin tinggi. Dan ternyata pabrik menyarakankan oli untuk mesin starlet sebagai berikut :

>>>>>>>>>> SAE 15W-40 cocok untuk iklim dingin
>>>>>>>>>> SAE 20W-40 cocok untuk iklim sedang
>>>>>>>>>> SAE 20W-50 cocok untuk iklim panas
atau
>>>>>>>>>> SAE 10W-30 cocok untuk iklim dingin
>>>>>>>>>> SAE 10W-40 cocok untuk iklim sedang
>>>>>>>>>> SAE 10W-50 cocok untuk iklim panas

Dan bila anda pemilik toyota starlet dan tinggal di iklim yang suhu nya berada antara -10 derajat celcius hingga 5 derajat celcius, maka cocok menggunakan oli dengan viskositas :

>>>>>>>>>>SAE 5W-30

Dari penjelasan sesuai buku servis toyota starlet, sudah bisa dong mana oli yang cocok untuk starlet anda.

JADI OLI YANG PALING COCOK BUAT STARLET MEREK APA ?
Saya kalau ditanya merek oli yang bagus buat starlet, jawaban saya semua merek oli baguslah, selama itu bukan oli palsu. Akan tetapi dari pengalaman saya menangani toyota starlet oli yang cucok untuk starlet itu yang memiliki viskositas sbb:

>>>>>>>>>> SAE 20W-40 ( starlet kotak )
>>>>>>>>>> SAE 10W-40 ( starlet kapsul / starlet kotak mesin sehat )

Oke sekarang contekan sudah semakin jelas buat pamakai starlet, jadi bagus yang mana ? yang 20W-40 atau 10W-40 ? sssstttt...... sabar dulu biar saya jelaskan satu persatu dibawah ini.

*sambil ngopi dulu



Jadi begini ya, mesin starlet itu ada yang sudah sangat berumur, dan ada juga yang belum berumur. Berumur disini bukan usianya yah....tapi jarak tempuh mobilnya sudah berapa kilometer. Semakin tinggai jarak tempuh kilometer yang pernah dicapai, akan semakin tinggi tingkat keausan mesin, walaupun tingkat keausan mesin masih dalam batas wajar ( belum sampai turun mesin ).

Buat mesin starlet yang telah menempuh jarak diatas 300rb kilometer, disarankan menggunakan oli yang lebih kental yaitu SAE 20W-40.

dan

Buat mesin starlet yang telah menempuh jarak masih dibawah 300rb. kilometer, boleh menggunakan oli yang lebih encer yaitu SAE 10W-40

Jadi sudah jelas ya sekarang, pakai yang mana olinya. kalau anda menggunakan oli 10W-40 ternyata suara mesin anda kasar, itu artinya anda lebih cocok menggunakan oli yang lebih kental 20W-40.

Oli dengan viskositas yang rendah memiliki keuntungan, mudah start mesin di pagi hari, dan tarikan mesin lebih ringan, putaran rpm mesin pun mampu mencapai batas maksimalnya dengan lancar.

Okeh demikian artikel mengenai oli mesin starlet yang saya buat ini, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat banyak buat anda pemilik starlet.

Salam Starleter
HMS-Motorsports
powered by Starno72
Sumber : https://ift.tt/2I8wAdp


Demikianlah Artikel MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka

Sekianlah artikel MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MEMILIH OLI MESIN STARLET | Otomotif Langka dengan alamat link https://otomotiflangka.blogspot.com/2018/08/memilih-oli-mesin-starlet-otomotif.html

Subscribe to receive free email updates: