Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka

Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka - Hallo sahabat Otomotif Langka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Advertorial, Artikel Asuransi, Artikel Bentley, Artikel GIIAS, Artikel Honda, Artikel Honda R2, Artikel INSIGHT, Artikel Jaguar, Artikel JATIM, Artikel Kawasaki, Artikel Komunitas, Artikel Lamborghini, Artikel Mobil123, Artikel MotoGP, Artikel Niaga, Artikel Pertamina, Artikel Review, Artikel Rio Haryanto, Artikel Safety Driving, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka
link : Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka

Baca juga


Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka

Toyota Starlet
Adalah sebuah mobil kecil kompak yang di produksi oleh TAM - Toyota Astra Motor dengan cara CKD ( completed knock down ). ini artinya toyota starlet didatangkan langsung dari jepang dalam bentuk komponen parts, dan kemudian dirakit oleh Toyota Astra Motor. Beda ya sama mobil sekarang, yang sudah dibuat total di Indonesia. Maka tidaklah heran walau sudah berumur, Toyota Starlet ini masih memiliki pamor yang kuat diantara keluaran mobil terbaru. 

Toyota Astra Motor merakit dan memproduksi toyota starlet dalam kurun waktu 13 tahun, yaitu dari tahun 1985 hingga 1998. dan hanya mengeluarkan 2 bentuk model yaitu starlet kotak dari tahun 1985-1990 dan starlet kapsul dari tahun 1990-1998. Toyota Astra Motor hanya mempercayakan produksi toyota starlet di tanah air dengan dua buah tipe mesin karburator yakni tipe 1E 1.0L dan tipe 2E 1.3L. padahal di luar negara indonesia, semua starlet kapsul sudah tidak menggunakan mesin 1E dan 2E, mereka menggunakan mesin injeksi tipe 4E-FE, sedangkan tipe mesin 4E-FTE (turbo) hanya di pasarkan di jepang saja alias JDM. ( Japan Domestic Market )

Masih Menggunakan Karburator
Mengapa Toyota Astra tidak mau menggunakan mesin injeksi buat starlet ?, jawabannya adalah karena biaya produksi dan biaya servis mesin injeksi pada saat itu masih relatif mahal. Penggunaan mesin 1E dan 2E justru menjadikan toyota starlet versi indonesia memiliki keuntungan tersendiri, karena biaya perawatan yang sangat mudah dan murah, penggunan bahan bakar juga masih bebas tidak perlu pakai bensin oktan tinggi, tidak perlu juga bensin yang tanpa timbal, jadi dengan demikian mesin 2E dan 1E ini adalah mesin "BADAK" di isi bensin apa saja mau, asal jangan di isi air aqua saja. Mesin karburator ini gak ribet dan tidak ada komponen elektronik sperti mobil jaman sekarang aki soak sedikit saja langsung mogok, tapi tidak dengan toyota starlet dalam kondisi apapun juga mesin tidak bakalan bisa mogok kecuali bensin habis. 

Efisiensi Bahan Bakar 
Ternyata mesin karburator toyota starlet ini cukup hemat bahan bakar loh, dalam kondisi mesin sehat mampu menempuh hingga 14km dengan 1 liter bensin, cukup irit juga. 

Tenaga Mesin
Pada sektor tenaga, mesin karbu ini untuk yang tipe 1E 1.0L bisa menghasilkan tenaga 65 horsepower dan tipe 2E 1.3L maksimal 82 horsepower. Memang tidak besar dibanding mobil jaman sekarang, akan tetapi tenaga sebesar itu untuk mobil sekecil ini, sudah sangat mencukupi, bergerak sangat lincah sekali, akselerasi spontan mesin nya juga sangat baik dikelasnya. Bahkan untuk mesin 1.3L mampu diajak lari hingga maksimal 175km/h. ini sih sudah lebih dari cukup kan. 

Penyakit Mesin Starlet
Penyakit Pertama yang paling sering dialami mesin starlet ini adalah bocor sil oli mesin. Oleh karena itu seringlah periksa kondisi mesin dari kebocoran oli. Yang Kedua adalah overheat, penyakit ini sih biasanya karena kurang perawatan saja. Selalu cek kondisi radiator, bila kotor segeralah di servis agar tidak merembet kebagian lain. Yang Ketiga adalah, masalah kaki-kaki. Toyota starlet ini kan memiliki penggerak roda depan, jadi wajar sajalah kalau bagian ini yang paling sering kena. 

Perawatan Mesin Sangat Minim
Saking sederhananya mesin karburator starlet ini, membuatnya jadi minim perawatan, tidak pernah ada gejala rewel, pemiliknya akan merasa lupa kalau mobil ini jarang banget masuk bengkel. Kalaupun harus masuk bengkel bisa dipastikan biaya sangat murah dan ketersediaan sparepartsnya masih sangat melimpah. Nah itulah mengapa mesin karbu starlet ini masih bertahan hingga sekarang dan tidak malu sama mesin jaman sekarang yang canggih tapi tidak se"bandel" mesin karbu starlet ini. 

Salam Starleter,
HMS - Motorsports Sumber : https://ift.tt/2I8wAdp


Demikianlah Artikel Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka

Sekianlah artikel Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Keunggulan Mesin Starlet 1E dan 2E | Otomotif Langka dengan alamat link https://otomotiflangka.blogspot.com/2018/07/keunggulan-mesin-starlet-1e-dan-2e.html

Subscribe to receive free email updates: