"BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka

"BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka - Hallo sahabat Otomotif Langka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul "BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Otomotif, Artikel Harga terbaru 2018, Artikel Info Otomotif, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : "BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka
link : "BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka

Baca juga


"BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka

"BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI.

Sharing pengalaman, kebetulan saya orang pesisir pantai. di pantai selatan itu khususnya yg berpasir , ada suatu area di pantai yg jgn sampai kalian dekat2 daerah situ. namanya klo di kampung saya "BOLERAN" itu di tandai dengan ombaknya tenang/tidak pecah cuma menggelundung saja ombaknya, padahal di sisi lain ombak memecah besar. orang awam mikirnya itu aman karena tidak ada ombak, tpi sebenarnya itu area mematikan.

Kami anak pesisir paham betul itu area terlarang bagi kami untuk berenang di situ, sebab itu cekungan dalam mirip sungai yang air bawahnya mengalir deras ke tengah laut ke arah cekungan yang lebih dalam. tetapi, di area selain boleran pun sama bahayanya kalau di sampai ketengah2. harap pahami itu.

[ Tetap hati2 walaupun bukan Boleran,tetap bisa membuat tenggelam, jadi bukan cuma boleran saja yg buat tenggelam]

Ciri2 nya adalah :

> ombak nya menggelundung tidak seperti area lain yg ombak nya memecah [ ombak memecah ada putih2 air saat memecah, sedangkan ombak menggulung itu cuma gulungan gelombang ]. dan warna airnya rada gelap yang menandakan itu area dalam.

> Boleran itu biasanya menjorok ke daratan, biasanya itu berlokasi di skitar 5 - 10meter dari garis bibir pantai tergantung kondisi airlaut pasang atau tidak. [ 5-10 meter jika pasang ] jika air laut surut itu beragam, ada yg berjarak 20m baru boleran.

*Garis bibir pantai di sini yg saya maksud itu area terakhir yg di terjang  air laut, bukan garis area basah dan area kering. bisa di katakan ombak terakhir yg paling jauh ke darat.

*Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut

> Area yg bukan boleran/area aman itu bisa berjarak sampe 20 meter lebih dari bibir pantai dan itu tidak ada lubang/aliran airnya gk kuat, itu akan semakin dalam secara berlahan [ semakin jauh semakin dalam], tpi ombaknya memecah besar. itu adalah area kami anak pesisir biasa untuk berenang, bisa aman walau 20meter berenang tpi dengan syarat harus bisa renang dan perhatikan penurunan dalam pasirnya.

*Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut

> jika di tarik garis sepadan, misal 20 meter dari garis pantai,, area aman memiliki kedalaman itu skitar 100cm-150cm, , sedangkan area boleran itu baru 7meter dari bibir pantai atau misal baru masuk 2 meter ke arah Boleran itu kaki saya tidak menyentuh pasir atau dalam nya lebih dari tinggi badan saya dan airnya mengalir deras.

*Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut

> dulu pernah saat air laut surut sekali, itu boleran terlihat jelas, bahkan orang awam akan tau, karena terlihat cekungan, dan baru masuk 2 meter saja dari bibir pantai sudah skitar sedalam pusar/pinggang dalamnya , sedangkan di sisi lain, di 20 meter bibir pantai itu hanya se mata kaki sampai lutut.. sangat dangkal.., itu yg paling jelas yg pernah aku liat. jadi di  sebelah kanan kiri boleran itu semata kaki sedangkan di boleran itu se pusar.

> di pantai saya, dulu sering ada orang tenggelam karena tidak tau hal ini, main2 air di pinggir pantai, hanya beberapa meter dari garis bibir pantai,, tpi lurus dikit ke arah tengah itu boleran, ketika ada ombak besar, orang itu terseret hanya beberapa meter saja tetapi masuk ke boleran dengan air yg dalam dan menghanyutkan.

Note : Boleran itu sejenis Ekor dari palung laut, jadi boleran itu mirip seperti sungai yang akan membawa apa saja tertarik arus ke palung laut yg dalamnya puluhan meter.

itu pengalaman dari saya, mungkin klo ada salah mohon di koreksi.











Sumber : https://ift.tt/2Yf8ma1


Demikianlah Artikel "BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka

Sekianlah artikel "BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel "BOLERAN" SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI PANTAI. | Otomotif Langka dengan alamat link https://otomotiflangka.blogspot.com/2019/07/boleran-si-area-terlarang-yang.html

Subscribe to receive free email updates: